Thursday, December 23, 2010

Must Watch!


This is very recommended tv programme to watch: Provocative Proactive!

Tayang setiap Kamis jam 22.00 di Metro TV, acara ini memang benar-benar dirancang untuk anak muda yang kritis. Dipandu oleh Pandji Pragiwaksono, yang bisa dibilang kritis dan memiliki nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa ini, acara ini bukan acara serius, tapi isinya ‘serius’. Di awal acara, Pandji akan memberitakan berita-berita selama seminggu yang panas dibicarakan. Dengan gaya khas Pandji juga tentunya.

Di segmen kedua, adalah sebuah talkshow dengan nama “Warung Kopi”. Berbagai macam isu dibahas di “Warung Kopi” ini. Tak jarang, politik, sejarah, konspirasi jadi bagian dari obrolan tersebut. Di Warung Kopi ini, Pandji tidak sendiri. Ia ditemani Raditya Dika, yang menjadi mahasiswa bernama Dika dengan segala karakteristik mahasiswa. Ronald, jadi rakyat jelata bernama Onal yang kerjanya serabutan. Pandji sendiri, menjadi perwakilan dari masyarakat kelas menengah, pekerja. J Flow, menjadi tokoh yang mewakili kalangan yang lebih mampu bernama Joshi. Yang tongkrongannya lebih “tinggi” tapi sesungguhnya peduli dengan Indonesia, dengan gayanya sendiri. Dan anak pemilik Warung Kopi tersebut adalah seorang gadis diperankan oleh Andari.

Isu-isu menjadi tema selalu menarik dan sesuai dengan anak muda. Celetukan-celetukan pengisi acara itupun selalu terbilang pintar, namun dapat tetap menghibur dengan menjadikan itu sebagai lelucon yang ‘pintar’. Beberapa isu terakhir yang dibahas sangat menarik, contohnya Pajak Warteg Apa Kata Dunia; Sex, Lies, and Videotape; dan yang terakhir, Youth, Women, and Netizen.
Bintang tamu yang dihadirkan juga seperti menyesuaikan dengan pola pikir pemuda-pemuda yang kritis dan ingin selalu up-to-date.

Tapi memang, di akhir acara terkesan tidak ada kesimpulan. Hanya seperti debat dan bertukar pendapat. Tidak ada 'pemihakan'. Namun itu membuat kita mencerna sendiri bagaimana seharusnya sikap kita terhadap isu-isu yang dibahas tersebut. Jadi, acara ini sangat cocok bagi anak muda yang open minded dan lagi kritis-kritisnya, seperti kita ini.

One word for this show, GOKIL!

No comments:

Post a Comment